Senin, 27 Agustus 2012

PMS??? No Way..!!

Premenstrual Syndrome ato biasa disingkat PMS tuh gejala yang datang pada cewek - cewek yang biasanya  nongol 2 minggu menjelang menstruasi. Selama PMS bisanya kamu para cewek pasti ngerasa berubah kepribadian, misal yang basanya ceria jadi cengeng, yang biasanya cuek jadi gampang tersinggung. Dan juga beberapa gejala - gejala fisik lainnya kayak perut yang makin melar dan juga nyeri di perut dan payudara. Walopun nih gejala nantinya bakal ilang sendiri, tapi ya tetep aja bakal ngeganggu kenyamanan kamu dan aktivitas sehari - hari kamu.. Ya kaann??! Nah, untuk ngilanginnya sebenarnya sederhana aja.. lakuin deh tips - tips dibawah ini sepanjang bulan ( sesuai siklus ) bisa kamu coba di rumah..

No More PMS


Minggu 1

Minggu pertama abis kamu menstruasi biasanya kamu bakala kecapekan karena banyak ngeluarin darah  dlm jumlah yang banyak. Yang harus kamu lakuin di minggu ini Banyak - banyak dech ngonsumsi makanan yang mengandung zat besi, kayak daging merah, ikan, telur, dan sayuran hijau. Tambahin juga makanan yang mengandung vitamin C kayak Jeruk. Hindari makan makanan manis karena bisa memicu perkembangan jamur di miss V kamu. Juga perhatikan kenyamanan pakaian dalam kamu, jangan pakai yang ketat dan sempit.

Minggu 2

Masa ini kadar esterogen kamu bakal ningkat drastis, biasanya sih disebut masa subur. Di minggu kedua ini, coba kamu hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein karena bisa bikin mood kamu jadi nggak stabil, mudah gelisah dan tersinggung, sensitif di daerah payudara, dan berisiko sakit kepala. Biar fisik tetap bugar nih, kamu bisa olahraga rutin seperti jogging atau jalan santai. Juga yang tak kalah penting banyak minum air putih dan jus buah.

Minggu 3

Di minggu ketiga hormon esterogen bakal melemah dan hormon progesteron ningkat drastis. Selain itu hormon oksitosin juga meningkat. Hal ini ngaruh ke perasaan kamu yang bikin kamu jadi sensitif dan manja. kamu juga bakal sering tergoda untuk ngemil. Di minggu ketiga ini, yang sebaiknya kamu lakuin adalah banyak minum air putih dan minum jus buah. Konsumsi camilan manis yang mengandung serat kayak pisang. KOnsumsi juga makanan yang ada zat magnesiumnya kayak roti gandum, sayuran hijau, kacang-kacangan dan susu.

Minggu 4

nah di minggu keempat iniesterogen dan progesteron bakal jatuh di level yang terendah. Endometrim mulai rontok, dan kamu pun mengalami menstruasi. terjadi kontraksi otot rahim selama proses pengelupasan yang menimbulkan kram perut. Di masa ini perbanyaklah konsumsi kacang-kacangan, alpukat, bayam, dan daun pepaya. Hindari daging merah, gula dan produk susu yang bisa bikin rahim kamu bengkak dan kontraksi. KOnsumsi minyak ikan dan primorse oil yang bisa ngurangin rasa sakit pada payudara, kram dan mulas - mulas, mengurangi depresi dan menstabilkan emosi. Sering - sering juga jalan kaki supaya menstabilkan kadar hormon.

Nah, itu aja girls tips-tipsnya .. selamat nyoba yaaa...

=)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar